4 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak-anak

Selain penyakit jantung, kanker termasuk penyakit yang mematikan oleh sebab itu penyakit ini ditakuti banyak orang. Yang membuat penyakit ini ditakuti banyak orang lantaran sulit diobati, apalagi jika sudah menyebar. Lebih parahnya penyakit kanker tidak hanya menyerang orang tua dan dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Dari sekian banyak jenis kanker ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang anak-anak terutama dibawah usia 18 tahun. Gaya hidup menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kanker tapi kanker pada anak-anak bisa jadi lantaran faktor keturunan. Gejala kanker sendiri ada banyak maka sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengetahui gejala-gejala dari penyakit kanker pada anak karena anak belum bisa mengemukakan apa yang dirasakan. Ini dia 4 jenis kanker yang sering menyerang anak-anak yang harus Anda ketahui.

Tumor otak

Tumor otak atau kanker otak termasuk penyakit yang sulit disembuhkan. Jenis penyakit satu ini bisa dikatakan kanker yang banyak menyerang anak-anak dibandikan jenis lainnya. Tumor otak paling sering terjadi atau ditemukan pada bagian otak kecil. Meskipun sering terjadi pada bagian otak kecil, penyakit ini akan menyerang sistem saraf pusat. Jika sudah menyerang saraf pusat, tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan buah hati Anda. Oleh sebab itu, orang tua harus mengetahui gejala dari tumor otak ini agar tidak sampai menyerang bagian sistem saraf pusat otak anak Anda. Gejal-gejala dari tumor otak perlu diwaspadai diantaranya timbul rasa mual-mual hingga muntah, kondisi tubuh yang melemah, dan kesadaran yang menurun. Disaat Anda mendapatkan buah hati mengalami gejala-gejala seperti ini ada baiknya periksakan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikannya.

Tumor wilms

Jenis penyakit kanker kedua yang sering menyerang anak-anak adalah tumor wilms. Yang mana jenis kanker ini menyerang salah satu organ dalam yaitu ginjal. Kanker ini dapat berkembang pada salah satu ginjal dan bisa juga kedua ginjal. Penyakit jenis ini biasanya ditemukan pada anak usia 3 sampai 4 tahun sedangkan anak di usia atasanya jarang ditemukan penyakit satu ini. Gejala dari tumor wilms atau kanker ini seperti terjadinya pembengkakan pada perut, hilang nafsu makan, timbul rasa mual, dan demam. Jika anak Anda mengalami gejala-gejala seperti ini, segera mungkin bawah ke dokter terdekat.

Limfoma

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening adalah penyakit berbahaya. Yang mesti Anda ketahui penyakit kanker satu ini tidak hanya menyerang orang tua saja, tetapi juga anak-anak. Maka dari itu, Anda harus mengetahui gejala dari penyakit ini agar Anda bisa bertindak cepat. Gejala yang harus diwaspadai dari penyakit jenis ini diantaranya terjadi pembengkakan kelenjar getah bening dibagian leher, ketiak, dan pangkal paha. Selain muncul bengkak, tanda lain dari kanker satu ini yaitu demam, nafsu makan berkurang, berat badan menurun, sesak nafas, dan anak terlihat lesu.

Leukemia

Satu lagi penyakit kanker yang sering menyerang anak-anak yaitu leukemia limfositik akut. Penyakit ini menyerang bagian sumsum tulang dan darah. Leukemia termasuk penyakit berbahaya karena dapat menimbulkan dampak pemberhentian pembentukan leuokosit. Penyakit ini biasanya sering terjadi pada anak di bawah usia 15 tahun. Kanker satu ini pula bisa mempengaruhi atau berdampak pada organ otak, tulang, limpa, dan testis. Gejala yang harus Anda ketahui mengenai penyakit satu ini diantaranya sering muntah atau mimisan, pusing dan sakit kepala, memar yang tidak cepat hilang, dan perdarahan yang tidak seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *