Jenis dan Pencegahan Kanker Mata

Salah satu penyakit yang dapat mengganggu penglihatan adalah kanker mata. Kanker ini bisa muncul di bola mata, orbita (berbagai jaringan yang mengelilingi bola mata), dan aksesoris mata (seperti kelenjar air mata, kelopak mata, dan konjungtiva). Gangguan kesehatan pada mata ini disebabkan oleh adanya mutasi gen pada jaringan mata yang mana mutasi ini sendiri belum diketahui penyebabnya. Sementara itu, gejala penyakit ini dapat berupa terdapat bintik gelap pada bola mata, gangguan penglihatan, melihat kilatan cahaya, melihat benda-benda yang seperti bergaris, berterbangan, atau bintik-bintik. Lalu, ada juga gejala lainnya seperti perubahan warna pada iris mata, mata menjadi juling, mata merah dan terjadi peradangan, muncul pantulan berwarna putih di pupil mata.

 

Apakah penyakit ini ada jenisnya dan bisa dicegah? Temukan jawabannya di bawah ini:

Jenis

Berdasarkan asalnya, kanker mata dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Limfoma intraocular: kanker ini terjadi pada sel-sel di kelenjar getah bening di dalam mata. Kebanyakan penderita jenis kanker ini adalah orang-orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh mereka seperti halnya penderita HIV.
  • Melanoma intraocular: ini adalah jenis kanker melanoma yang terjadi pada jaringan bola mata.
  • Retinoblastoma: Kanker ini adalah jenis kanker mata yang spesifik menyerang anak-anak. Menurut sejumlah penelitian, jenis kanker ini muncul karena adanya mutasi pada retina yang membuat sel-sel retina membela dengan cepat dan kemudian menyebar ke jaringan mata lain dan berbagai bagian tubuh. Retinoblastoma dapat terjadi pada satu bola mata saja atau bisa juga dua bola mata kiri dan kanan. Nah, apabila penderita hanya menderita kanker ini pada satu bola mata saja, kanker ini bisa disembuhkan dengan segera. Apalagi kanker ini dapat dideteksi lebih awal.

Selain itu, kanker mata juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan pada jaringan orbita dan adneksa (aksesoris) mata, seperti:

  • Kanker orbita. Kanker yang muncul pada otot-otot penggerak bola mata dan jaringan ikat sekitar bola mata.
  • Melanoma konjungtiva. Kanker ini terjadi di bagian konjungtiva mata. Konjungtiva sendiri adalah membrane yang melapisi kelopak mata dan bola mata.
  • Kanker kelopak mata. Ini merupakan varian dari kanker mata yang mana bisa merupakan karsinoma sel basal atau karsinoma sel skuamosa.
  • Tumor kelenjar air mata.

Pencegahan

Pengobatan kanker mata dapat melalui operasi, radioterapi, kemoterapi, terapi laser, dan cryotherapy. Tentu saja semua pengobatan ini tidaklah murah. Diperlukan belasan atau bahkan puluhan juta rupiah jika ingin menjalaninya. Maka dari itu, daripada mengobati lebih baik mencegah kanker mata terjadi. Caranya? Pertama, hindari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet ketika berada di luar rumah. Gunakan kacamata UV-protected jika memang harus keluar rumah saat matahari terik. Kedua, hindari infeksi penyakit HIV dengan cara tidak melakukan kontak langsung dengan penderita. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah kanker mata jenis limfoma intraocular. Ketiga, lakukan pemeriksaan screening pada anak yang memiliki riwayat keluarga penderita retinoblastoma sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *